Penjual Kenangan

Monday, December 18, 2006

Untuk Sahabat

Suatu hari, gita yang duduk di belakang gw, menyodorkan kertas ke meja gw.
“Wied, baca deh,” katanya sambil membuka earphone warna hitam dari kupingnya. Tangan kanannya memegang flash disk warna putih, yang juga bisa buat dengerin lagu. Punya seseorang. Saat itu, benda yang sempet bikin gw terkagum-kagum itu—soalnya bagus, tapi murah—belum rusak. Gw mengambil kertas yang disodorkan gita. Gw langsung baca tulisan yang sedikit acak-acakan itu. Judulnya “Untuk Sahabat”.

saat hidup terasa berat
genggam tanganku lebih erat
satukan langkah sehati
menggapai mimpi-mimpi
jangan lagi kau meragu
aku ada di sampingmu
berbagi hujan dan mentari
melukis angan di hati
tatap bintang...
bersinar terang di sana
sabagai tanda..
kita selalu bersama
saat airmata membasahi relung jiwamu
nyanyikan lagu ini denganku
akan slalu ada sudut hangat di hatiku
kutahu begitu pula di hatimu
begitu banyak cerita
berjuta kenangan yang ada
berbeda telah terbiasa
mendewasakan kita


Bagus, Git,” ujar gw—yang selalu disebut “komentar standar” oleh Gita.
Saat itu, gw terharu, Gita bikinin puisi yang bagus banget buat gw. Tepat bener. “Iya, lo dengerin, deh.” Gita langsung meyodorkan earphone yang sebelumnya dia pakai ke gw.
“Eh, emang ini apaan?”
“Lagunya Cokelat,” kata Gita datar.
“Oh ....” Saat itu, gw diam aja sambil menerima earphone itu dari tangan gita. Ada yang terbang. Yah, kirain ... Tadinya, gw udah ge-er aja. Tapi, jangan-jangan Cokelat bikinin itu buat gw.
Pas pulang dari kantor—hari itu Gita lagi ada kerjaan di kantor, jadi pasti gw ma dia pulang bareng—gw bilang, “Git, kirain yang tadi itu puisi buat gw.”
Gw lupa Gita jawab apa. Mungkin dia bilang, “Makanya, jangan sering jadiin diri lo tokoh utama dalam lagu. Haha.” Itu ungkapan pinjaman dari si Utara-nya Gita.
Mungkin orang di angkot ikut mendengarkan percakapan kami diam-diam—seperti yang gw dan Gita sering lakukan juga, ikut dalam adegan orang ataupun mencuri percakapan orang dalam angkot.
Di kosan, gw minjem flash disk putih--yang sekarang udah rusak dan kembali ke orangnya lagi--dan dengerin lagu itu. Lagunya pas banget. Kaya buat gw. Yah, bolehlah kalo kita ingin jadi tokoh utama dalam lagu. Toh, gak ngambil peran orang lain. Tapi, kalo emang kita yang dipilih jadi tokoh utamanya, lebih boleh lagi. Git, udah lama gak bikinin puisi buat gw, hehe

p.s: Git, ternyata judulnya "Nyanyian Sahabat", bukan "Untuk Sahabat".

No comments:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin